Wan Khairul : Karangan Argumentatif dan Persuasif "Penebangan Hutan Secara Liar"


“PENEBANGAN HUTAN SECARA LIAR”

Penebangan Hutan


              Penebangan hutan secara liar saat ini sedang marak terjadi di beberapa wilayah di Indonesia, terutama di daerah Pulau Sumatera. Karena di daerah itulah terdapat banyaknya hutan-hutan. Penebangan hutan secara liar juga bisa membuat mereka sendiri celaka karena ulah mereka.

          Sebenarnya penebangan hutan secara liar itu sama sekali tidak baik untuk untuk lingkungan kita, karena bisa membuat pohon-pohon di hutan menjadi gundul. Tetapi mengapa masih saja banyak warga yang tidak peduli pada pohon-pohon di hutan, padahal mereka sudah mengetahui akibatnya. Itulah manusia yang mempunyai sifat serakah dan egois.

         Sebab dari penebangan hutan secara liar salah satunya karena ekonomi warga sekitar yang masih kurang, dan akhirnya mereka menebang pohon secara liar dan dijual untuk memenuhi kebutuhan ekonomi mereka. Bukan berarti tidak boleh menebang pohon, tapi apabila menebang pohon janganlah terlalu banyak karena bisa merugikan warga-warga yang ada disekitar itu. Tetapi apabila kita telah menebang hendaknya kita menanam lagi dari mulai bibit dan kita rawat untuk menggantikan pohon yang telah kita tebang. Apa susahnya kalau hanya untuk memotong dan menanam lagi.

         Dan disamping sebab dan juga akibat yang ditimbulkan oleh penebangan hutan secara liar antara lain banjir,tanah longsor,dan lain-lain. Banjir bisa terjadi apabila misalnya ada hujan yang besar,air hujan itu langsung turun ke pemukiman warga tanpa diserap oleh pohon karena pohon-pohon itu sudah ditebang. Apabila pohon tidak ada maka air tidak akan meresap kedalam pohon.

       Oleh sebab itu, Marilah kita jaga pohon di sekitar kita, terutama untuk daerah pemukiman rendah, dan teruslah merawat pohon karena pohon juga berguna untuk kita yaitu dari oksigen nya.

Sumber : http/www.aldikurniana.blogspot.com

0 Response to "Wan Khairul : Karangan Argumentatif dan Persuasif "Penebangan Hutan Secara Liar""

Post a Comment